Preferensi Akun Perkiraan

Preferensi Akun Perkiraan adalah field-field yang perlu didefinisikan dengan akun yang ada pada Akun Perkiraan di Buku Besar. Tujuannya agar setiap kali Anda menginput transaksi, maka secara otomatis Accurate Online dapat menghasilkan jurnal.

Pada Preferensi Akun Perkiraan ada beberapa bagian yang perlu ditentukan lebih lanjut, antara lain :

a. Barang.

– Persediaan : Isi dengan akun persediaan dari barang. Akun ini berfungsi ketika barang tsb dijual, dibeli dsb yang melibatkan jurnal persediaan, maka akun yang dipilih pada field ini, akan menjadi penampung nilai persediaan. Tipe akun pada field ini adalah persediaan.

– Beban : Isi dengan akun beban dari barang. Akun ini berfungsi pada jenis barang non persediaan dan jasa, ketika terjadi pembelian maka akun yang dipilih pada field ini, akan menjadi penampung nilai beban. Tipe akun pada field ini adalah beban.

– Penjualan : Isi dengan akun penjualan dari barang. Akun ini berfungsi ketika barang tsb dijual, maka akun yang dipilih pada field ini, akan menjadi penampung nilai penjualan. Tipe akun pada field ini adalah pendapatan.

– Retur Penjualan : Isi dengan akun retur penjualan barang. Akun ini berfungsi ketika barang tsb terjadi retur penjualan, maka akun yang diset pada field ini akan menjadi penampung nilai retur penjualan. Tipe akun pada field ini adalah pendapatan.

– Diskon Penjualan : Isi dengan akun diskon penjualan barang. Akun ini berfungsi ketika barang tsb terjadi potongan penjualan barang, maka akun yang diset pada field ini akan menjadi penampung nilai potongan penjualan. Tipe akun pada field ini adalah pendapatan.

– Barang Terkirim : Isi dengan akun barang terkirim. Akun ini berfungi ketika barang tsb terjadi pengiriman pesanan, maka akun yang diset pada field ini akan menjadi penampung nilai barang yang dalam proses pengiriman. Tipe akun pada field ini adalah persediaan. Selama belum ada faktur penjualan, maka nilai barang terkirim belum dibalik menjadi HPP (COGS).

– Beban Pokok Penjualan : Isi dengan akun HPP (COGS). Akun ini berfungsi ketika barang tsb terjadi penjualan, maka akun yang diset pada field ini akan menjadi penampung nilai HPP (COGS) barang. Tipe akun pada field ini adalah beban pokok penjualan.

– Retur Pembelian : Isi dengan akun yang diset pada field persediaan. Akun ini berfungsi ketika terjadi retur pembelian, maka akun yang diset pada field ini akan menjadi penampung nilai retur pembelian. Tipe akun pada field ini disamakan dengan akun persediaan atau jika non persediaan, disamakan dengan akun beban.

– Barang Belum Tertagih : Isi dengan akun hutang pembelian belum ditagih. Akun ini berfungsi ketika barang tsb terjadi penerimaan barang, maka akun yang diset pada field ini akan menjadi penampung nilai barang yang belum ditagih. Tipe akun pada field ini adalah kewajiban jangka pendek. Selama belum ada faktur pembelian maka nilai barang yang diterima belum dibalik menjadi hutang.

b. Neraca.

– Ekuitas Saldo Awal : Isi dengan akun ekuitas saldo awal pada neraca. Akun ini berfungsi sebagai akun perantara pada saat setup awal Accurate. Setelah setup awal selesai akun ini HARUS nol. Tipe akun pada field ini adalah ekuitas.

– Laba Ditahan : Isi dengan akun laba ditahan pada neraca. Akun ini berfungsi sebagai akun penampung nilai laba ditahan. Tipe akun pada field ini adalah ekuitas.

c. Laba Rugi.

– Pajak Penghasilan : Isi dengan akun beban pajak penghasilan yang menjadi penampung pajak penghasilan pada laba rugi. Tipe akun pada field ini adalah beban lainnya.

d. Penyesuaian Persediaan.

– Akun Penyesuaian : Isi dengan akun yang berfungsi sebagai penampung ketika terjadi transaksi penyesuaian persediaan. Untuk saldo awal maka bisa menggunakan akun ekuitas saldo awal, tetapi untuk transaksi stok opname atau pemakaian sendiri, nantinya bisa ke tipe akun beban pokok penjualan atau beban.

e. Pekerjaan Pesanan.

– Akun Biaya : Isi dengan akun yang berfungi sebagai penampung pada saat membuat pekerjaan pesanan. Umumnya bisa menggunakan tipe persediaan dengan nama barang dalam proses.

– Selisih Biaya : Isi dengan akun yang berfungsi sebagai penampung ketika terjadi selisih pada saat membuat pekerjaan pesanan. Contohnya pada saat pekerjaan pesanan dibuat komponen-komponen penyusunnya memiliki total harga modal adalah 1 juta, tetapi karena ada pengupdatean atau pengeditan, nilainya menjadi 1,2 juta, maka selisihnya akan ditampung pada akun yang diset pada field ini. Umumnya tipe akun pada field ini adalah beban pokok penjualan atau beban.

f. Penerimaan/Pembayaran.

– Akun Diskon : Isi dengan akun yang berfungsi sebagai penampung nilai diskon di penerimaan penjualan dan pembayaran pembelian. Tipe akun pada field ini bisa ditipekan beban, pendapatan ataupun kewajiban jangka pendek atau aset lancar lainnya.

g. Pajak Penghasilan Karyawan.

– Pajak Penghasilan Karyawan : Isi dengan akun yang berfungsi sebagai penampung nilai PPh21 karyawan.