Preferensi Pembatasan

Preferensi Pembatasan akan otomatis aktif, jika pada saat Wizard Persediaan, Penjualan dan Pembelian, Anda memilih “Ya” pada bagian yang terkait dengan Retur Penjualan, Retur Pembelian dan Nomor Seri/Produksi Barang.

Pada Preferensi Pembatasan ada beberapa bagian yang perlu ditentukan lebih lanjut.

a. Tidak dibatasi : Pilih jika perusahaan tidak membatasi waktu akses user (pengguna) level operator untuk akses database.

b. Dibatasi semua: Pilih jika perusahaan sedang  membatasi waktu akses user (pengguna) level operator untuk akses database.

c. Terbatas hanya pada waktu : Pilih jika perusahaan membatasi terbatas hanya pada waktu akses user (pengguna) level operator untuk akses database.

Contoh terbatas hanya pada waktu senin-jumat jam 08 sd 17, user (pengguna) level operator hanya bisa mengakses database dari hari senin sd jumat dan jam 08:00 sd 17:00 waktu jakarta.

d. Tidak dibatasi : Pilih jika perusahaan tidak membuat pembatasan tanggal transaksi.

e. Berdasarkan Rentang Waktu : Pilih jika perusahaan membuat pembatasan berdasarkan rentang waktu.

Contoh tanggal sistem komputer saat ini adalah 20 April 2016, jika pengguna ingin dibatasi agar tidak bisa membuat/mengedit/menghapus transaksi mulai dari 15 April 2016 ke belakang dst, maka isi pada bagian Cegah Jika 5 Hari, dan jika pengguna ingin dibatasi agar tidak bisa membuat/mengedit/menghapus transaksi mulai dari 25 April 2016 ke depan dst, maka isi pada bagian Sebelum Atau 5 Hari.
Contoh di atas berlaku untuk Bulan dan Tahun.

f. Berdasarkan Tanggal Tertentu : Pilih jika perusahaan membuat pembatasan berdasarkan tanggal tertentu.
Contoh tanggal sistem komputer saat ini adalah 20 April 2016, jika pengguna ingin dibatasi agar tidak bisa membuat/mengedit/menghapus transaksi mulai dari 15 April 2016 ke belakang dst, maka isi pada bagian Cegah Jika 16 April 2016, dan jika pengguna ingin dibatasi agar tidak bisa membuat/mengedit/menghapus transaksi mulai dari 25 April 2016 ke depan dst, maka isi pada bagian Sebelum Atau 24 April 2016.

g. Peringati Jika : Pilih opsi ini jika pesan yang muncul hanya berupa peringatan. Artinya ketika klik Yes transaksi tetap dapat dilanjutkan.

h. Cegah Jika : Pilih opsi ini jika pembatasan tidak ingin ada pesan lanjut. Artinya selama pembatasan tidak dibuka maka transaksi yang melewati batas waktu tidak akan bisa dibuat/diedit/dihapus.

i. Retur Penjualan Dapat Meretur Faktur Yang Sudah Lunas : Centang jika perusahaan dapat membuat retur penjualan dari faktur yang sudah lunas.

j. Retur Pembelian Dapat Meretur Tagihan Yang Sudah Lunas : Centang jika perusahaan dapat membuat retur pembelian dari faktur yang sudah lunas.

k. Harus Mengisi Nomor Seri Di Transaksi : Centang jika barang yang menggunakan fitur nomor seri, harus masuk dan keluar disertai dengan nomor seri.

l. Dapat Mengisi Nomor Meski Tidak Ada Stok : Centang jika barang yang menggunakan fitur nomor seri dapat memasukkan nomor seri ketika transaksi walapun tidak ada di stok.