Preferensi Pembelian

Preferensi Pembelian akan otomatis aktif, jika pada saat Wizard Pembelian, Anda memilih “Ya” pada bagian yang terkait dengan Pesanan Pembelian dan Pembelian Barang Dengan Pengirim Dilakukan Pemasok Lain.

a. Akun Pembulatan
Digunakan untuk menampung nilai pembulatan pajak (Inclusive Tax) dan pembulatan nilai biaya barang akibat diskon/alokasi nilai biaya pembelian

b. Akun Selisih Pada Transaksi Pembelian Dimana Biaya Dibebankan Ke Pemasok Lain.

1
2

Penjelasan : Pada pembelian impor, biaya yang di “apply to item” pada faktur barang, tidak sama dengan biaya yang ditagihkan oleh forwarder. Jika Anda telah menentukan pada akun selisih dengan suatu akun, maka akun tsb akan menampung nilai selisih biaya pada faktur barang dengan faktur tagihan biaya dari forwarder.

c. Tanggal Jurnal.

Penjelasan: Isi dengan pilihan tanggal pengakuan selisih. Apakah dijurnal sesuai dengan tanggal faktur tagihan biaya dari forwarder atau tanggal faktur barang.

d. Biaya Penerimaan Barang Akan Diupdate Oleh Tagihan Dengan Pilihan Berikut.

– Diperbarui Oleh Tagihan : Pilih jika perusahaan memilih biaya penerimaan barang diupdate oleh tagihan.

Contoh pada saat pesanan pembelian, harga barang 1000 dan sudah dibuatkan penerimaan barang. Maka nilai barang saat itu adalah 1000. Lalu penerimaan barang dibuatkan faktur dengan harga 1500, maka dengan pilihan Diperbarui, nilai barang yang awalnya 1000 akan terupdate menjadi 1500 sesuai dengan harga di faktur pembelian.

– Jangan Diperbarui Oleh Tagihan : Pilih jika perusahaan memilih biaya penerimaan barang tidak diupdate oleh tagihan.

Contoh pada saat pesanan pembelian, harga barang 1000 dan sudah dibuatkan penerimaan barang. Maka nilai barang saat itu adalah 1000. Lalu penerimaan barang dibuatkan faktur dengan harga 1500, maka dengan pilihan Jangan Diperbarui, nilai barang tetap senilai 1000 dan selisih 500 akan ditampung pada akun yang dipilih pada “Akun Selisih Barang Belum Tertagih”.

– Diperbarui Jika Periode Tanggal Tagihan Pertama Sama Dengan Penerimaan Barang : Pilih jika perusahaan memilih biaya penerimaan barang diupdate apabila faktur pertama masih dalam satu periode dengan penerimaan barang, dan tidak diupdate jika berbeda periode.

Contoh pada saat pesanan pembelian, harga barang 1000 dan sudah dibuatkan penerimaan barang. Maka nilai barang saat itu adalah 1000. Lalu penerimaan barang yang dibuat pada bulan Januari 2016 tadi dibuatkan faktur dengan harga 1500, maka dengan pilihan (Diperbarui Jika Periode Tanggal Tagihan Pertama Sama), jika faktur pertama dari penerimaan barang tadi berada di bulan Januari 2016, nilai barang yang awalnya 1000 akan terupdate menjadi 1500, tetapi jika faktur pertama berbeda bulan, maka akan berlaku pilihan tidak diperbarui.

e. Akun Selisih Barang Belum Tertagih : Isi dengan akun yang menampung nilai selisih antara penerimaan barang dan faktur pembelian.