Import Penjualan Dari Moka POS

Sebelum melakukan integrasi antara Accurate Online dan Moka Pos, yang perlu diperhatikan adalah

1. Penggunaan Fitur “Impor  Moka Pos” dikenakan biaya Rp 30.000,- per bulan dan ditagihkan di ACCURATE Online. Proses ini, hanya bisa dilakukan jika anda telah menggunakan aplikasi Moka Pos.

2. Sewaktu-waktu anda bisa menghentikan proses “Impor  Moka Pos”, yaitu dari menu Penjualan | Faktur Penjualan | Impor Data | Impor Moka Pos | Klik ” Stop Integrasi Moka Pos”. Pastikan user login yang melakukan stop integrasi adalah user yang sama yang melakukan tambah akses integrasi Moka POS.

3. Fitur Impor Moka Pos yaitu integrasi satu arah saja yaitu dari Moka Pos ke ACCURATE Online dan data apa saja:

1) Moka ada istilah Bisnis dan Outlet, dimana 1 bisnis bisa multiple Outlet. Outlet di Moka Pos, akan menjadi cabang dan gudang di Accurate Online saat integrasi awal. Misalkan di Moka Pos ada outlet Surabaya dan di ACCURATE Online sudah ada cabang dan gudang Surabaya, maka Accurate tidak membuat cabang dan gudang baru kecuali belum ada cabang dan gudang dengan nama Surabaya maka otomatis Accurate Online membuat cabang baru.

Jika ada pengeditan di nama outlet Moka Pos maka tidak mengupdate di Accurate online, sehingga harus di edit manual dari Accurate Online baik nama cabang maupun gudang. 

2) Barang di Moka Pos terdiri dari Item Library dan Ingredients, keduanya akan masuk sebagai barang & jasa jenis persediaan di accurate online dan saat integrasi awal, saldo awal yang dimasukkan di Moka Pos akan terimpor masuk sebagai transaksi penyesuaian persediaan. Kecuali, Item Ingredients jika di accurate online sudah dibuatkan barang jenis grup dan kode barang & Barcode/UPC  diisi sama dengan kode barang di Moka Pos saat integrasi awal Accurate Online tidak membuat barang & jasa baru.

Jika ada pengeditan di nama barang Moka Pos maka tidak mengupdate di Accurate online, sehingga harus di edit manual dari Accurate Online. 

3) Pelanggan, Accurate Online otomatis membuat pelanggan berdasarkan nama pelanggan yang sama dengan Moka Pos,  Jika tidak ada nama pelanggan yang sama.

Jika ada pengeditan di nama pelanggan Moka Pos maka tidak mengupdate di Accurate online, sehingga harus di edit manual dari Accurate Online. 

4) Penjualan dan Receipt dari Moka Pos, masuk sebagai Faktur Penjualan dan Penerimaan Penjualan (Menu Penjualan | Faktur Penjualan dan Penjualan | Penerimaan Penjualan).

5) Purchase Order (PO) di Moka Pos, transaksi masuk ke Accurate Online sebagai Faktur Pembelian tetapi untuk transaksi Purchase Order (PO) dengan status “Fulfilled” dan untuk hanya untuk Item Library saja.

6) Untuk setiap penginputan data baru terkait barang, pelanggan, faktur penjualan, dan lainnya akan di sync ke AOL secara otomatis setiap jam “apabila proses integrasi pertama kali berhasil melakukan import data dengan lengkap (tanpa error sama sekali)”. Namun exact menitnya akan berbeda-beda untuk setiap database, jadi tidak pasti menit ke 00.

Selanjutnya, untuk melakukan “Impor Moka Pos”, Berikut langkah-langkahnya :

1. Pada database Accurate Online (AOL) masuk ke menu Penjualan | Faktur Penjualan | buka daftar faktur penjualannya | pilih “Impor Moka Pos”.

2.Klik “Integrasi Moka” untuk mengintegrasikan AOL dengan MOKA Pos.

3. Pilih “Allow” untuk melanjutkan proses pada permission yang tampil

4. Jika berhasil akan tampil notifikasi seperti ini:


5. Untuk memulai proses integrasi serta import penjualan, masuk kembali ke menu Penjualan | Faktur Penjualan, kemudian klik ‘Impor Moka POS’ dan pilih rentang tanggal transaksi yang akan diimpor lalu klik “Mulai Impor


NOTE : Proses Impor ini hanya dilakukan 1 kali saat di awal, selanjutnya otomatis akan terintegrasi setiap jam.

Atau bisa dilakukan impor manual, masih dari menu Penjualan | Faktur Penjualan | Klik bagian List |  Impor dataImpor Moka Pos | Klik Impor Manual.

6. Transaksi penjualan dari Moka POS yang masuk ke AOL akan otomatis membentuk Faktur Penjualan dan Penerimaan Penjualannya. Contoh:




** Atau, untuk mengkoneksikan Accurate Online dengan Moka Pos melalui aplikasi Moka Pos bisa mengikuti panduan yang ada disini.