Mengaktifkan & Menghubungkan e-faktur Pajak

Mengaktifkan & Menghubungkan e-faktur Pajak adalah untuk menggunakan fitur e-Faktur Pajak anda perlu meng-install aplikasinya pada database anda, melalui menu Accurate Store. Dan setelah itu anda perlu menghubungkan database anda ke e-filling Pajak agar proses pelaporan transaksi yang dikenakan PPN dapat dilakukan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu Smartlink Tax kemudian Pilih fitur eFaktur Pajak. Jika belum diinstall, maka akan diarahkan ke Accurate Store untuk meng-install fitur tersebut. Dan perlu anda ketahui, jika sudah meng-install aplikasi e-faktur di menu Pengaturan | Accurate Store  pada database anda, “maka aplikasi ini tidak bisa di-uninstall didatabase anda selamanya.” 
  2. Pada tampilan seperti dibawah ini, klik “Hubungkan”
  3. Pada halamam Register e-Faktur, lengkapi isian yang sesuai yaitu seperti informasi NPWP, Nama Penandatangan, Tempat Penandatangan, memasukan File Sertifikat dan Password-nya. Kemudian Klik Syarat dan Ketentuan Layanan e-Faktur Pajak setelah itu centang informasi ‘Saya menyetujui Syarat & Ketentuan Layanan e-Faktur Pajak’ lalu klik ‘Daftar’.CatatanPKP dapat memperoleh sertifikat dengan mengajukan permintaan sertifikat elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat PKP dikukuhkan dengan menyampaikan Surat Permintaan Sertifikat Elektronik untuk selanjutnya petugas KPP akan memandu PKP melakukan prosedur berikutnya.
  4. Jika data yang dimasukan sudah sesuai (benar), maka Anda akan mendapatkan pesan informasi seperti ini setelah klik ‘Daftar’ dan data otomatis tesaji berdasarkan transaksi yang tercatat di database Accurate Online
  5. Pada menu e-Faktur Pajak, anda bisa memilih fakur PPN Keluaran, PPN Masukan, Nota Retur Penjualan atau Nota Retur Pembelian dan semua transaksi (Faktur Penjualan, Faktur Pembelian, Retur Penjualan dan Retur Pembelian) yang terkena PPN akan tampil pada menu ini.
  6. Pada menu ini, anda juga bisa memilih transaksi berdasarkan Jenis Dokumen-nya seperti Faktur Pajak, Dokumen yang dipersamakan, Dokumen Ekspor (PEB), atau Faktur Yang Digunggung.
  7. Selain itu, anda bisa memilih transaksi berdasarkan status faktur mana yang ingin anda tampilkan