PT Cipta Piranti Sejahtera selaku pengembang software Accurate Online ( https://accurate.id ) merupakan mitra Penyedia Jasa Aplikasi Pajak (PJAP) resmi yang ditunjuk oleh Direktorat Jendral Pajak (DJP) melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-93/PJ/2020.

Registrasi / Login

  1. Wajib Pajak badan dapat melakukan pelaporan pajak SPT badan secara elektronik (online) melalui PJAP PT Cipta Piranti Sejahtera dengan menggunakan software Accurate Online. Untuk melaporkan pajak melalui Accurate Online, WP dapat mengakses menu “e-SPT PPh Badan” dari menu SmartLink-Tax – eSPT PPh Badan. Dan akan menampilkan formulir berikut :
  2. Setelah klik Hubungkan, isikan data perusahaan pada formulir berikut :
  3. Sertakan file sertifikat elektronik dan centang “Saya menyetujui” atas persetujuan terhadap layanan e-SPT PPh Badan lalu klik “Daftar”

Penginputan data SPT

Beberapa ketentuan – ketentuan umum Pengisian eSPT PPh Badan Rupiah, antara lain :

  • Penginputan tanggal bukti atau tanggal dokumen lainnya tidak dapat lebih dari tanggal masa akhir SPT
  • Penginputan tanggal bayar tidak dapat lebih dari tanggal pelaporan SPT
  • Untuk semua kolom bertipe karakter, tidak diperbolehkan menginput karakter < atau > atau & atau “
  • Untuk nilai angka maksimal 999 Milyar yang dapat disimpan oleh Accurate Online
  • Untuk angka persentase, maksimal nilai 100 dan desimal yang dapat di tampung maksmal 2 desimal
  • Untuk angka Kurs, maksimal 99.999 dengan maksimal 2 desimal
  • Pada Lampiran IV baik halaman 1 dan 2 untuk penambahan baris kustom Jenis Penghasilan maksimal 7 baris
  • Pada bagian Induk, file lampiran yang dapat di sertakan harus ber ektensi PDF dan maksimal size 20 MB untuk Laporan keuangan dan 5 MB untuk lampiran lainnya.
  1. Untuk dapat membuat data SPT PPh badan, pengguna tinggal membuatkan SPT Baru (mengklik tombol Buat SPT) dan akan menampilkan form berikut :Isikan pembetulan ke berapa. Untuk SPT baru atau pembetulan nol, kosongkan kolom pembetulan.
  2. Isikan data data SPT sesuai data perusahaan anda.Disarankan untuk mengisi mulai dari tab Lampiran Khusus / Transkrip Kutipan laporan keuangan dan lalu naik ke tab lampiran hingga Induk, karna data nya akan menghitung ke Induk mulai dari lampiran khusus 1A – 7A dan lampiran I – VI.

Pelaporan SPT

Untuk melaporkan SPT PPh Badan, menggunakan tombol Lapor SPT dan akan memunculkan form seperti berikut :

Isikan SPT pembetulan keberapa, dan klik Lapor SPT. Saat proses pengiriman SPT selesai, maka formulir Daftar SPT badan akan merefresh data, dan jika status dari Server Dirjen pajak Sudah berhasil selesai, maka Accurate Online otomatis akan mengambilkan Nomor NTTE dan menghasilkan file PDF Bukti Penerimaan Elektronik yang pengguna bisa simpan sebagai bukti lapor.