Jika Perusahaan melakukan penjualan di beberapa e-Commerce dan ingin mengetahui hasil penjualan pada masing-masing e-commerce di Accurate Online, Anda bisa memanfaatkan fitur Departemen.

Berikut ini cara penggunaan fitur Departemen untuk mengelompokan penjualan dari masing-masing e-Commerce :

  1. Lakukan instal aplikasi tambahan (add-on) Cost & Profit Center melalui menu Pengaturan | Accurate Store dan aktifkan fitur tersebut.
  2. Selanjutnya, buat Departemen dengan nama yang sesuai melalui menu Perusahaan | Departemen. Misalnya adalah buat nama departemen sesuai nama e-Commercenya, yaitu Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dsbnya.

    Membuat Nama Departemen

  3. Lakukan pengaturan nama Departemen pada masing-masing Toko e-Commerce pada database Accurate Online, melalui menu Penjualan | SmartLink e-Commerce dan isikan nama Departemen yang sesuai pada tab ‘Umum’ lalu simpan pengaturan tersebut.

    Mengatur departemen pada e-commerce

  4. Setelah selesai melakukaan pengaturan nama Departemen pada masing-masing e-Commerce, Anda bisa lakukan import penjualan menggunakan file hasil export dari masing-masing e-Commerce yang ada.
  5. Transaksi penjualan yang masuk akan otomatis memilih ke nama Departemen sesuai dengan pengaturan yang telah dilakukan. Anda bisa melihat Laporan Laba/Rugi per masing-masing e-Commerce melalui Laporan Laba/Rugi Departemen, yang bisa diakses melalui menu Daftar Laporan | Daftar Laporan | Pusat Laba & Biaya | Laba/Rugi Departemen.

    Laporan Laba/Rugi per Departemen

  6. Sedangkan untuk Laporan Penjualannya, Anda bisa lakukan modifikasi melalui Laporan Rincian Penjualan per Barang dengan Analisa/Grup berdasarkan Departemen, seperti pada gambar dibawah. Silakan Unduh Disini untuk mendapatkan Laporan Memorize-nya.

    Laporan Penjualan per Departemen