Sebelum melakukan import barang dengan nomor Seri/Produksi, pastikan anda telah melakukan hal berikut ini :

  1. Mengaktifkan fitur Nomor Serial/Produksi, yaitu melalui menu Pengaturan | Preferensi | Fitur | Persediaan, centang fitur Nomor Serial/Produksi.

    Mengaktifkan fitur Nomor Seri/Produksi

  2. Me-non-aktifkan (tidak mencentang) pembatasan ‘Nomor Seri/Produksi barang harus diisi saat transaksi’ yang dilakukan melalui menu Pengaturan | Preferensi | Pembatasan. Note : pembatasan ini bisa anda aktifkan kembali setelah proses impor barang dengan nomor seri selesai dilakukan.

    Me-non-aktifkan Pembatasan Nomor Seri/Produksi

Setelah melakukan kedua hal tersebut, maka proses import barang dengan nomor seri/produksi bisa dilakukan. Proses import-nya dilakukan dalam 2 tahap yaitu Tahap 1 merupakan proses import daftar barang ke database Accurate online dan sekaligus melakukan pengaktifan fitur penggunaan Nomor Seri/Produksi atas barang tersebut. Dan Tahap 2 adalah proses import data nomor seri/produksi atas barang yang dimaksud. Berikut ini penjelasan detail per tahap-nya :

TAHAP 1 : Impor Daftar Barang dan Aktifkan Fitur Nomor Seri/Produksi
Persiapkan format excell untuk daftar barang yang ingin di import ke dalam Accurate Online. Format File  excel untuk impor barang dapat didownload pada menu Persediaan | Barang dan Jasa | Import Barang dan Jasa | klik Contoh File.

Unggah Format Contoh File Excel

Format Excel Impor Barang dengan Nomor Seri/Produksi

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menginput data pada file excel, sebelum melakukan import barang dengan Nomor Seri :

  1. Pastikan Kolom Menggunakan No. Seri sudah diisi dengan YA.
  2. Pada Kolom Tipe Nomor Seri, disesuaikan dengan kebutuhan menggunakan Nomor Seri Unik [Serial Number] atau Nomor Produksi [Batch Number]. Untuk Nomor Seri Unik diinput dengan serial_number sedangkan Nomor Produksi diisi dengan batch_number.
  3. Jika menggunakan tanggal kadaluarsa, isikan Kolom Pakai tanggal kadaluarsa dengan YA (Fitur ini hanya berlaku untuk Batch Number (nomor produksi)).

Setelah file excel siap, anda bisa memulai melakukan proses impor daftar barang yaitu dengan melakukan unggah file excel yang telah disiapkan dengan Klik pada bagian Pilih Lokasi File Impor, kemudian pilih nama file yang dimaksud lalu klik ‘unggah’. Dan tunggu hingga proses impor selesai dilakukan (perhatikan gambar dibawah).

Setelah selesai, silakan cek ke nama barang yang memiliki nomor seri/produksi yaitu dari menu Persediaan | Barang & Jasa, akan tampil tab No. Seri pada nama Barang tersebut.

Meng-unggah File Excel Data Barang dengan Nomor Seri/Produksi

Konfirmasi hasil impor data barang

Nama Barang Hasil Impor dengan Nomor Seri/Produksi

 

TAHAP 2 : Import Nomor Seri/Produksi atas Barang Menggunakan File Excell.
Tahap selanjutnya adalah melakukan impor data nomor seri/produksi atas barang yang bersangkutan. Pada ilustrasi data nomor seri yang akan diimpor, menggunakan data nomor seri unik seperti pada gambar dibawah. Dikarenakan tipe nomor seri-nya adalah unik sehingga dengan kuantitas stok barang  sebanyak 10 unit, jumlah Nomor Seri-nya juga sebanyak 10 unit.

Contoh Format Excel untuk Impor Data Nomor Seri Unik

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan impor data nomor seri/produksi pada barang :

  1. Masuk ke transaksi penginputan atas barang yang dimaksud (Penjualan, Penyesuaian Persediaan, dsbnya). Pada ilustrasi ini proses impor dilakukan melalui formulir Pengisian Nomor Seri yang terdapat pada menu Persediaan.

    Impor Data Nomor Seri melalui formulir Pengisian Nomor Seri

  2. Tentukan Tipe Transaksi atas barang yang akan di-impor data nomor seri/produksi-nya. Untuk transaksi saldo awal, pilih tipe transaksi Penyesuaian Persediaan, kemudian pilih nomor transaksi penyesuaian yang dimaksud.

    Formulir Pengisian Nomor Seri dengan tipe transaksi Penyesuaian Persediaan

  3. Selanjutnya, klik pada nama barang yang akan diisikan data nomor seri/produksi-nya dan akan tampil kotak Rincian Barang, kemudian lakukan seperti pada tampilan gambar berikut ini.

    Proses Impor Data Nomor Seri/Produksi

    Memilih file excel data nomor seri/produksi yang akan diimpor

    Data Nomor Seri setelah di-impor

  4. Setelah selesai, klik Lanjut dan simpan transaksi-nya. Dan data nomor seri/produksi telah ter-input pada nama barang yang bersangkutan.

NOTE : Impor Data Nomor Seri/Produksi atas barang saldo awal bisa dilakukan melalui menu Persediaan | Barang & Jasa, kemudian pilih nama barang yang bersangkutan, lalu ke tab Saldo, pilih saldo awal yang yang dimaksud. Setelah itu ke tab Nomor Seri dan lakukan impor seperti pada poin 3.