Dalam transaksi peneriman penjualan sering terjadi selisih nilai bayar yang mungkin nilainya tidak material (tidak terlalu besar / signifikan), sehingga hanya perlu untuk diakui ke akun lain (tidak dikembalikan ke pelanggan).

Ilustrasi :
Perusahaan menerima Pelunasan Piutang dari pelanggan A sebesar Rp 1.250.000 atas Faktur Penjulan dengan nilai piutang sebesar Rp1.249.500. Atas penerimaan tersebut, terdapat kelebihan bayar sebesar Rp 500 dan akan dialokasikan oleh perusahaan ke akun pendapatan lain-lain.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan penginputan transaksi pada ilustrasi tersebut :

  1. Sebelum melakukan penginputan, silahkan tambahkan akun yang akan digunakan untuk menampung kelebihan bayar tersebut pada Akun Perkiraan Diskon Penerimaan/Pembayaran yaitu melalui menu Pengaturan | Preferensi | Akun perkiraan | Penerimaan/Pembayaran.

    Menambahkan Akun Penampung Lebih Bayar pada Akun Perkiraan Diskon Penerimaan/Pembayaran di Preferensi

  2. Masuk ke menu Penjualan | Penerimaan Penjualan, kemudian isikan informasi yang dibutuhkan pada formulir Penerimaan Penjualan tersebut dan pilih nomor Faktur Penjualan yang dimaksud.

    Membuka Formulir Penerimaan Penjualan

    Melengkapi Informasi Formulir Penerimaan Penjualan

    Memilih Nomor Faktur Atas Pelunasan

  3. Pada detail Faktur, klik tab “Informasi Diskon”, pilih akun penampung atas kelebihan bayar pada Akun Diskon dan isikan nilai Kelebihan Bayar-nya dengan nilai minus (tanda negatif) seperti pada gambar berikut ini, lalu klik “lanjut” untuk menyimpannya.

    Memasukan nilai lebih bayar pada informasi diskon

  4. Klik “Hitung Nilai Pembayaran”, kemudian simpan transaksinya dan jurnal yang terbentuk atas transaksi tersebut adalah sebagai berikut.

    Menghitung Pembayaran

    Jurnal Penerimaan Penjualan dengan Lebih Bayar yang dialokasikan ke akun lain