Ilustrasi : pada saat memilih barang di formulir Faktur Penjualan, terdapat perbedaan nilai stok yang tampil pada Stok dapat dijual dengan Stok Gudang yang terpilih (Lihat gambar).

Ilustrasi Stok Dapat Dijual dan Gudang Berbeda di Formulir Faktur Penjualan

Penyebab perbedaan tersebut, bisa dikarenakan beberapa kemungkinan. Berikut ini beberapa kemungkinan tersebut dan cara pengecekannya :

PENYEBAB 1 : Gudang yang dipilih tidak tersedia Stok atas barang tersebut.

Stok Dapat Dijual yang tampil di Formulir Faktur Penjualan, merupakan stok keseluruhan Gudang. Jika anda memilih nama Gudang yang tidak memiliki stok atas barang tersebut, maka nilai yang ditampilkan pada detail barang di Formulir Barang adalah nol (kosong). Anda bisa melakukan pengecekan terkait hal ini, dengan cara berikut ini :

  1. Buka Laporan Kuantitas Barang Per Gudang, melalui menu Laporan | Daftar Laporan | Gudang.

    Membuka Menu Laporan

    Membuka Laporan Kuantitas Barang Per Gudang

  2. Pilih nama gudang yang dimaksud dan filter parameter yang sesuai kemudian klik Tampilkan.

    Melakukan Filter Laporan

  3. Jika tampilan Laporan Kuantitas Barang per Gudang adalah seperti digambar, maka bisa dipastikan bahwa Nama Gudang yang dipilih pada Formulir Faktur Penjualan tidak memiliki stok atas barang tersebut. Namun berada pada Nama Gudang lainnya. Dalam ilustrasi, stok tersedia di Gudang Utama, bukan di Gudang Toko.

    Tampilan Laporan Setelah di Filter

  4. Apabila terjadi kondisi seperti ini, maka solusinya anda bisa melakukan proses Pemindahan Barang dari Gudang Utama ke Gudang Toko sehingga pengguna tersebut dapat memproses transaksi Faktur Penjualan tersebut.

PENYEBAB 2 : Pembatasan mengakses Gudang oleh Pengguna

Penyebab kedua ini, bisa terjadi jika Pengguna hanya diberikan akses ke satu gudang tertentu saja. Dan Gudang yang diberikan akses ke pengguna itu dalam kondisi seperti pada penyebab 1, sehingga pengguna tidak bisa memilih pilihan nama gudang lainnya untuk melakukan proses penginputan transaksi Faktur Penjualan tersebut. Berikut ini cara bagaimana melakukan pengecekan pemberian akses Gudang ke Pengguna :

  1. Masuk ke menu Perusahaan | Gudang | Daftar Gudang, Kemudian pilih nama gudang yang stok atas barang tersebut tersedia kemudian ke tab Pengguna.
  2. Dari informasi detail Pengguna Gudang akan didapatkan informasi nama pengguna yang diberikan akses ke Gudang tersebut. Pada ilustrasi, tampil seperti pada gambar dibawah ini yaitu Akses Pengguna Gudang Utama dibatasi hanya untuk 1 pengguna saja.

    Tab Pengguna di Detail Gudang

  3. Solusi yang bisa diberikan agar pengguna yang membuat transaksi Faktur Penjualan bisa melakukan penginputan barang yang terdapat pada Gudang lainnya, silakan berikan akses ke Gudang atas pengguna tersebut. Note : solusi ini dijalankan jika solusi pada penyebab 1 tidak dijalankan.

PENYEBAB 3 :  Stok terdapat pada Gudang yang difungsikan sebagai penyimpanan barang rusak.

Dengan kondisi anda melihat total kuantitas barang seluruh Gudang berbeda dengan Stok Dapat Dijual, apa yang menyebabkan perbedaan, maka penjelasannya bisa klik disini.