Integrasi Akun Xendit dengan Accurate Online berfungsi untuk memudahkan proses pembayaran penjualan dari pelanggan. Anda bisa menyertakan informasi link pembayaran pada Faktur Penjualan dan pelanggan bisa melakukan pembayaran melalui link tersebut, dan saat pelanggan sudah melakukan pembayaran, maka transaksi Penerimaan Penjualan akan otomatis terinput di database Accurate Online.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkan fitur tambahan Xendit di database Accurate Online Anda melalui menu Pengaturan | Accurate Store, kemudian cari ‘Xendit’ dan lakukan install aplikasi tersebut.

Install Fitur Tambahan Xendit

Setelahnya, Anda akan diarahkan masuk ke halaman ‘Smartlink e-Payment‘.

Menu Smartlink e-Payment

Silakan masuk ke menu ‘Pengaturan Smartlink e-Payment’ untuk menambahkan akun Xendit Anda pada database Accurate Online.

Menu Pengaturan Smartlink e-Payment

Penambahan Akun Xendit

Silakan lakukan penambahan Akun Xendit Anda dengan mengikuti panduan berikut ini. Setelahnya, tambahkan pembayaran ‘Xendit Payment Link’ pada tab Informasi Pembayaran di setiap Faktur Penjualan yang ingin dilakukan pembayaran oleh pelanggan melalui akun Xendit Anda.

Kemudian pada Desain Cetakan Faktur Penjualan, tambahkan Variabel Rumus Skrip : $F{salesInvoice.epaymentCode} agar pelanggan bisa mendapatkan informasi link pembayaran ke akun Xendit Anda.

Desain Cetakan Faktur Penjualan

Untuk pembayaran menggunakan QRIS, pilih penambahan Elemen berupa Barcode dan isikan Expression-nya dengan rumus skrip yang sama yaitu : $F{salesInvoice.epaymentCode}.

Menambahkan Barcode untuk Pembayaran QRIS

Menambahkan Barcode QRIS pada Desain Cetakan Faktur Penjualan

 

Selanjutnya, kirim Faktur Penjualan ke pelanggan dengan desain cetakan yang telah ditambahkan skrip kode Link Payment Akun Xendit Anda tersebut melalui email. Dan jika pelanggan melakukan Pembayaran, maka Accurate Online akan otomatis membuatkan transaksi Penerimaan Penjualannya.

Anda bisa melihat proses transaksi pembayaran ini, melalui menu Kas & Bank | Smartlink e-Payment.