Pencatatan konsinyasi dibagi menjadi 2, yaitu sebagai pihak yang menitipkan barang (Consignor) dan sebagai pihak yang menerima titipan (Consignee).

A. PENCATATAN SEBAGAI CONSIGNOR (PIHAK YANG MENITIPKAN BARANG)

Contoh Kasus : Perusahaan anda sebagai consignor menitipkan barang dagangan kepada PT. Mitra (sebagai consignee). Barang yang akan dititipkan tersebut, tersimpan di Gudang Pusat.

Langkah – langkah yang perlu dilakukan, sbb :

  1. Buat Pelanggan Konsinyasi : dari menu Penjualan | Pelanggan, isikan informasi yang dibutuhkan terkait pelanggan tersebut dan pada tab Penjualan, centang informasi “Ya, Perusahaan menitipkan barang ke perusahaan ini” pada baris Konsinyasi. Dengan mencentang informasi tersebut, maka Accurate akan otomatis membuatkan Gudang dengan nama Pelanggan tsb, misalnya PT. Mitra. Informasi Daftar Gudang, bisa dilihat dari menu Persediaan | Gudang.1
  2. Saat barang dititipkan ke PT Mitra, buat Pesanan Penjualan sejumlah barang yang dititipkan.
    Membuat Pesanan Penjualan ke Pelanggan yang akan dititipkan barang Perusahaan

    Membuat Pesanan Penjualan ke Pelanggan yang akan dititipkan barang Perusahaan

  3. Dan saat barang yang dititipkan dikirimkan ke PT Mitra, maka buat Pemindahan Barang dengan tipe ‘Kirim Barang’, pilih nama gudang dengan gudang pengambilan barang sedangkan Gudang Tujuan dengan nama gudang PT Mitra dan klik ‘Ambil’, pilih ‘Pesanan’dan pilih nomor transaksi Pesanan Penjualan yang dimaksud.