Pembahasan ini akan dibagi menjadi 2 pembahasan yaitu bagaimana mengalokasikan biaya tambahan ke harga pokok barang dan mencatat tagihan atas biaya tambahan ke pemasok lain (bukan pemasok yang sama dengan pembelian barang tersebut).

I. ALOKASI BIAYA TAMBAHAN KE HARGA POKOK BARANG

Berikut langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk mengalokasikan biaya tambahan ke Harga Pokok Barang yang Anda beli :

  1. Buat Faktur Pembelian atas pembelian barang dari modul Pembelian dan lengkapi informasi Faktur Pembelian sesuai kebutuhan.1
  2. Pilih nama barang yang dibeli disertai dengan harga-nya.2
  3. Klik icon RP untuk mencatat biaya – biaya yang dikeluarkan atas pembelian tersebut dan pilih akun biaya yang sesuai, maka akan tampil kotak ‘Biaya Lainnya’.3
  4. Centang ‘Ya’ pada informasi Alokasi Ke Barang dan pilih nama pemasok pada Tagih ke Pemasok, untuk pembayaran atas biaya – biaya tersebut, jika biaya tersebut dibayarkan ke pemasok yang berbeda dengan pembelian barang tersebut. Dan isikan nilai biaya yang dikeluarkan pada kolom Jumlah, kemudian klik Lanjut untuk menyimpannya.4
  5. Anda bisa membebankan biaya atas pembelian barang lebih dari 1 (satu) dengan masing-masing pemasok yang berbeda juga. Berikut tampilan dari Faktur Pembelian dengan tambahan biaya yang dibebankan ke harga pokok barang serta jurnal yang terbentuk.
    Tampilan Faktur Pembelian dengan biaya tambahan

    Tampilan Faktur Pembelian dengan biaya tambahan

    Tampilan Faktur Pembelian dengan Biaya Tambahan

    Tampilan Faktur Pembelian dengan Biaya Tambahan

    Jurnal atas Transaksi Pembelian dengan Biaya Tambahan

    Jurnal atas Transaksi Pembelian dengan Biaya Tambahan

 

II. MENCATAT TAGIHAN BIAYA ATAS PEMBELIAN BARANG KE PEMASOK LAIN

Berikut langkah – langkah yang perlu untuk dilakukan dalam mencatat tagihan biaya tambahan atas pembelian barang, yang ditagihkan dari pemasok yang berbeda dengan pemasok pembelian barang :

  1. Membuat Faktur Pembelian dari modul Pembelian, kemudian pilih nama pemasok yang bersangkutan dan lengkapi informasi pada Faktur Pembelian sesuai kebutuhan.
  2. Klik ‘Ambil’ dan pilih pilihan ‘Biaya Pembelian’ dan pilih nomor faktur pembelian barang atas biaya tersebut dan klik Lanjut.