Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan agar pencatatan Gaji Karyawan bisa terhitung PPh 21 dan masuk ke dalam laporan SPT PPh 21 di Accurate Online :

  1. Membuat data karyawan yang dikenakan perhitungan PPh 21. Klik disini untuk panduan membuat data karyawan.
  2. Selanjutnya adalah membuat atau menentukan jenis Gaji & Tunjangan yang akan diberikan pada karyawan anda. Klik disini untuk panduan membuat atau menentukan jenis Gaji & Tunjangan.
  3. Kemudian mengisikan akun Perkiraan sebagai akun penampung dalam Pencatatan Gaji Karyawan yang dilakukan melalui menu Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan, pada bagian Penggajian Karyawan silakan isikan akun penampung untuk akun Hutang PPh 21, Hutang Premi Pensiun dan Hutang Premi Kesehatan. Note : anda bisa kosongkan pengaturan akun-akun ini jika memang tidak ada fasilitas tunjangan tersebut ke Karyawan anda.

    Pengaturan Akun Untuk Pencatatan Gaji

  4. Dan setelahnya, anda bisa melakukan pencatatan Gaji Karyawan melalui menu Buku Besar | Pencatatan Gaji, pilih Tipe Pembayaran dengan Bulanan lalu pilih nama karyawan-nya daan tentukan bulan/periode gaji yang akan dibayarkan serta nilai gaji, potongan serta tunjangan yang diberikan ke karyawan yang bersangkutan. Note : dalam satu formulir pencatatan gaji, bisa mencatat pencatatan gaji lebih dari 1 (satu) orang karyawan.