Pencatatan ini digunakan apabila ada transaksi kasbon oleh Pemasok, yang akan digunakan untuk mengurangi nilai hutang perusahaan ke pemasok tersebut tanpa ada barang yang diretur. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Buat barang baru dengan jenis barang adalah “Non Persediaan” dari menu Persediaan | Barang & Jasa, kemudian isikan namanya adalah CashBon.

    Membuat Barang Non Persediaan untuk CashBon

  2. Selanjutnya atur akun-akun pada barang non presediaan tersebut ke akun untuk menampung nilai Cashbon ke Pemasok (Note : sebelumnya lakukan pegisian akun tersebut melalui menu Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan pada bagian Barang).

    Mengatur Akun-akun pada Barang Non Persediaan Cashbon

  3. Jika ada transaksi cashbon ke Pemasok yang ingin mengurangi nilai Hutang Perusahaan ke Pemasok tersebut, maka buat transaksi Retur Pembelian, dengan memilih Tanpa Faktur pada Retur dari, kemudian pilih barang non persediaan yang dibuat pada poin 1 dan isikan senilai cashbon yang akan dikurangi.  Saat disimpan Accurate akan membuatkan 1 Faktur Pembelian atas transaksi Retur Pembelian ini dengan nomor yang sama dengan nomor transaksi retur pembelian tersebut.

    Membuat Retur Pembelian Tanpa Faktur untuk Pengurangan Hutang dari Cashbon Pemasok

  4. Dan untuk mengurangi nilai hutang ke pemasok, buat transaksi Pembayaran Pembelian, kemudian pilih nomor faktur Pembelian yang akan dikurangi nilai hutang-nya, kemudian pilih nomor transaksi Faktur Pembelian atas transaksi Retur di poin 3, sehingga tampilannya seperti gambar berikut ini.

    Memilih transaksi Faktur Pembelian yang akan dikurangi oleh cashbon Pemasok

    Tampilan Pembayaran Pembelian dari Pengurangan Hutang dengan CashBon Pemasok

    Jurnal Transaksi Pembayaran Pembelian

    Keterangan : Dalam contoh Perusahaan ada hutang ke pemasok senilai Rp 1.100.000 dan pemasok ada cashbon ke perusahaan senilai Rp 100.000. Dan atas cashbon tersebut ingin mengurangi nilai hutang perusahaan ke pemasok tersebut, sehingga pembayaran pembelian hanya sebesar Rp 1.000.000.