Jika ada kondisi seperti ilustrasi berikut ini :
Hutang Perusahaan kepada Pemasok A sebesar Rp 50.000 akan dilunasi dengan pelunasan piutang dari Pelanggan A (pelanggan perusahaan).

Berikut ini langkah-langkah atas ilustrasi tersebut (melunasi Hutang dengan Piutang) :

  1. Buat terlebih dahulu Akun Penampung/Perantara yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran pada formulir Pembayaran Pemasok. Tipe akun yang digunakan adalah Aset Lancar Lainnya (atau bisa dengan tipe Kewajiban Lancar Lainnya, sesuai kebutuhan anda).

    Membuat Akun Perantara

  2. Selanjutnya mendaftarkan akun perantara tersebut ke Akun Diskon Penerimaan/Pembayaran yaitu melalui menu Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan | Penerimaan/Pembayaran | Akun Diskon.

    Menambahkan Akun Perantara pada Akun Perkiraan Diskon Penjualan/Pembelian

  3. Lakukan Pembayaran Faktur Pembelian melalui menu Pembelian | Pembayaran Pembelian, pilih nama faktur yang akan dibayarkan dengan piutang.

    Melakukan Pembayaran Hutang Pemasok

  4. Pada faktur yang akan dibayarkan tersebut, klik pilihan ‘Informasi Diskon’. Pilih akun perantara yang dibuat pada poin satu pada Akun Diskon-nya dan isikan nilai hutang yang akan dibayarkan dengan piutang, kemudian klik Lanjut.

    Menampung Nilai Hutang yang dibayarkan ke Akun Perantara melalui Diskon Pembelian

  5. Klik ‘Hitung Nilai Pambayaran’ kemudian simpan transaksi. Dan jurnal yang terbentuk adalah seperti pada gambar.

    Menghitung Nilai Pembayaran Hutang

    Jurnal Transaksi Pembayaran Hutang ke Akun Perantara

  6. Selanjutnya lakukan penginputan untuk Pelunasan Piutang melalui Faktur Penjualan di modul Penjualan.
  7. Pada formulir Penerimaan Pelanggan, pilih faktur penjualan yang akan digunakan untuk melakukan pelunasan atas hutang ke Pemasok A.

    Pencatatan Penerimaan Piutang dengan Akun Perantara

  8. Pada Faktur Penjualan yang akan dilunasi, klik ‘Informasi Diskon’ lalu isikan akun perantara yang sama pada Akun Diskon dan isikan nilai Piutang yang akan digunakan untuk melunasi nilai Hutang Pemasok A, lalu klik Lanjut.

    Menampung Nilai Piutang ke Akun Perantara melalui Diskon Penjualan

  9. Klik “Hitung Nilai Pembayaran” kemudian simpan transaksi. Dan jurnal yang terbentuk adalah seperti pada gambar.

    Hitung Nilai Pelunasan Piutang

    Jurnal Transaksi Penerimaan Penjualan ke Akun Perantara

Note : dengan demikian nilai hutang dan piutang akan terbayar/terlunasi (faktur sudah lunas) dan nilai akun perantara yang digunakan pada transaksi tersebut juga akan nol (tidak tersisa nilai). Anda bisa melakukan pengecekan dari modul Buku Besar | Akun Perkiraan, pilih dan buka akun perantara yang dimaksud, lalu ke tab Histori dan pilih parameter untuk kedua transaksi pembayaran/pelunasan tersebut.