Pada saat anda menyimpan transaksi Faktur Penjualan tampil pesan error “Harga Jual barang “xyz” dibawah harga beli”, hal ini bisa disebabkan karena beberapa illustrasi yang akan dijelaskan berikut ini.

Namun sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa Accurate online akan mengambil nilai Harga Beli (nilai yang dibandingkan dengan harga jual), dengan urutan sebagai berikut ini :

  1. Dari Harga Beli terakhir yang diinput pada Faktur Pembelian, jika tidak ada maka
  2. Dari Harga Pemasok yang berlaku, jika tidak ada maka
  3. Dari Harga Beli pada Barang/Jasa, jika tidak ada maka
  4. Dari Harga Barang yang masuk selain dari Faktur Pembelian, jika tidak ada maka nilai persediaan akan dianggap nol (khusus untuk pembelian).

 

I. Harga jual yang diinput pada faktur penjualan dibawah harga beli yang tercantum pada barang dan jasa.

Illustrasi :

  • 01/01/2019  : Buat barang Baru yaitu Piring Kaca, isikan informasi Harga Beli dengan Rp 5.000 dan nilai saldo awal yaitu 1.000 pcs @ Rp 4.000.
  • 28/03/2019 : menjual barang piring kaca seharga @ Rp 4.100 , saat disimpan akan tampil pesan error.

    Penginputan Harga Beli pada Formulir Barang/Jasa

    Penginputan Nilai Saldo Awal Barang/Jasa

    Penginputan Faktur Penjualan

Penjelasan :
Pada illustrasi ini nilai persediaan (harga beli barang) yang dibandingkan dengan harga jual adalah Harga beli yang tercantum pada barang/Jasa, BUKAN nilai saldo awal barang.

Untuk itu, jika anda sudah melakukan pengecekan pada Laporan Rincian Nilai Persediaan dan ternyata nilai barangnya adalah lebih rendah dari harga jual, lakukan pengecekan juga pada Harga Beli atau Harga Pemasok yang tercantum pada Barang/Jasa tersebut. Hal ini sesuai dengan urutan pengambilan harga beli pada Accurate online, yaitu dikarenakan tidak adanya harga beli yang berasal dari Faktur Pembelian serta tidak adanya Harga Pemasok, maka Accurate online akan mengambil nilai harga beli pada barang/jasa (urutan ke3).

Pada illustrasi ini, nilai barang yang tercantum pada Rincian Nilai Persediaan adalah Rp 4.000 (lebih rendah dari Harga Jual), namun Harga Beli yang dicantumkan pada Barang/Jasa adalah Rp 5.000, sehingga tampil error tersebut. Solusi yang bisa dilakukan adalah menginput harga jual dengan nilai lebih besar dari harga beli yaitu lebih besar dari Rp 5.000, misalnya Rp 5.100.

Note : Error ini akan tampil dengan kondisi jika barang tsb belum ada transaksi pembelian.

 

II. Harga jual yang diinput pada faktur penjualan dibawah harga beli pada Faktur Pembelian terakhir

Illustrasi :

  • 28/03/2019 : membuat Faktur Pembelian atas Piring Gelas 100 pcs @ Rp 5.000
  • 28/03/2019 : membuat Faktur Pembelian atas Piring Gelas 10 pcs @ Rp 6.000
  • 28/03/2019 : membuat Faktur Penjualan atas Piring Gelas 1 pcs @ Rp 5.500, maka akan tampil pesan error saat menyimpan transaksi Faktur Penjualan.