Jika anda ingin mengubah nilai persediaan yang anda miliki tanpa mengubah jumlah kuantitas-nya, anda bisa melakukannya melalui modul Penyesuaian Persediaan, yaitu dengan mengosongkan persediaan tersebut terlebih dahulu (memilih tipe penyesuaian dengan ‘Pengurangan’ pada formulir Penyesuaian Persediaan), kemudian menambahkan kembali sejumlah kuantitas yang sama dengan sebelumnya (memilih tipe penyesuaian dengan ‘Penambahan’ pada formulir Penyesuaian Persediaan) namun di-isikan dengan total nilai persediaan yang baru.

Contoh Kasus :
Perusahaan ingin mengubah total nilai persediaan untuk barang Kemeja, dikarenakan adanya kenaikan bahan kemeja. Saat ini stok Kemeja sejumlah 70 pcs dengan total nilai persediaan sebesar Rp 6.631.579. Total nilai stok Kemeja akan diubah menjadi  Rp 7.000.000.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan penyesuaian nilai persediaan tersebut adalah sebagai berikut ini :

  1. Masuk ke menu Persediaan | Penyesuaian Persediaan, masuk ke tab Info Lainnya dan pilih akun yang akan digunakan untuk menampung penyesuaian tersebut.

    Memilih Akun untuk menampung penyesuaian persediaan

    Note : Jika akun yang anda maksud tidak tersedia pada Info Lainnya, silahkan lakukan penambahan akun yang dimaksud pada Akun Perkiraan Penyesuaian Persediaan di Preferensi, yaitu melalui Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan, silakan isikan akun yang akan digunakan pada Akun Penyesuaian Persediaan.

  2. Setelah itu kembali ke tab Rincian Barang, pilih barang ‘Kemeja’ dengan Tipe Penyesuaiannya adalah ‘Pengurangan’, kemudian isikan jumlah kuantitas yang akan dikurangkan yaitu 70 Pcs dan klik ‘Lanjut’ untuk menyimpannya.