Saat anda menghapus Faktur Penjualan/Pembelian dan tampil pesan error seperti pada gambar berikut dibawah ini, hal ini disebabkan transaksi faktur penjualan/pembelian yang anda akan hapus tersebut merupakan Faktur Penjualan/Pembelian atas penginputan Saldo Awal Piutang/Hutang Pelanggan/Pemasok yang bersangkutan. Dengan demikian, jika anda ingin menghapus ataupun mengubah nilai-nya, hanya bisa dilakukan melalui menu pelanggan/pemasok yang bersangkutan.

Pesan Error Saat Menghapus Faktur Penjualan

Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus Faktur Penjualan hasil inputan saldo awal piutang :

  1. Masuk menu Penjualan | Pelanggan, klik Daftar Pelanggan dan cari nama pelanggan yang dimaksud.

    Membuka Menu Pelanggan

  2. Buka pelanggan yang dimaksud, kemudian ke tab Saldo.

    Tab Saldo Awal Pada Pelanggan

  3. Pilih Nomor Transaksi Faktur Penjualan yang akan dihapus / diubah kemudian klik 2x sehingga akan tampil detail Saldo Awal. Silakan lakukan pengubahan pada detail saldo awal tersebut ataupun klik informasi ‘Hapus’ jika ingin menghapus.

    Memilih Transaksi yang akan diubah/dihapus

    Tampilan Transaksi Saldo Awal Piutang yang bisa dihapus/diubah

  4. Jika telah selesai simpan informasi pelanggan yang bersangkutan dan Accurate online akan otomatis melakukan penyesuaian terkait pengubahan yang dilakukan. Jika transaksi saldo awal dihapus, maka transaksi faktur penjualan tersebut tidak akan tampil (terhapus) lagi pada Daftar Faktur Penjualan.

Note : lakukan hal yang sama untuk pengubahan/penghapusan transaksi faktur pembelian atas inputan saldo awal hutang, yaitu melalui menu Pembelian | Pemasok.