Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan impor data kategori barang melalui file Excel :

  1. Masuk ke modul Persediaan | Kategori Barang, kemudian klik Daftar Kategori Barang.

    Membuka Daftar Kategori Barang

  2. Klik “Impor  Data” lalu klik “Impor dari Excel”.

    Membuka Menu Impor Data Kategori Barang

  3. Pada bagian Tab Impor Kategori Barang, dijelaskan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan impor data dan disediakan juga contoh file excel yang sesuai dengan format Accurate Online. Anda bisa mengunduh contoh file-nya dengan meng-klik ‘Contoh File’ dan silakan membuat data kategori barang dalam file excel yang sesuai dengan format Accurate online.

    Informasi Melakukan Impor Data Kategori Barang & Unduh Contoh File Excelnya

  4. Jika Data Excel sudah tersedia, lakukan proses impor dengan cara klik icon folder pada bagian Pilih Lokasi File Impor, kemudian cari file excel yang dimaksud, klik Open dan klik ‘Unggah’ untuk meneruskan proses impor.

    Mencari file excel yang akan digunakan

    Membuka File Excel yang akan di-impor

    Memulai Proses Impor dari File Excel

  5. Pada tahapan ini, anda perlu melakukan pemetaan untuk tiap-tiap kolom yang ada pada file excel dengan kolom yang sesuai yang terdapat di Accurate online, yaitu dengan meng-klik tanda dropdown untuk memilih pilihan nama-nama kolom-nya.

    Memetakan Kolom Data pada File Excel dengan di Accurate Online

    Note : untuk nama/judul kolom yang sama (antara di file excel dengan di Accurate online) akan otomatis dipetakan oleh Accurate online.

  6. Setelah selesai memetakan kolom-kolom data, klik Lanjutkan untuk meneruskan proses impor.
  7. Selanjutnya, anda akan masuk ke tahapan Konfirmasi Impor Data, yang akan menyajikan informasi 5 baris data awal Kategori Barang yang akan di-impor. Hal ini bertujuan agar anda bisa melakukan pemeriksaan, apakah data yang akan di-impor telah di-petakan dengan benar pada kolom-kolom yang tersedia. Jika sudah sesuai, silakan klik ‘Lanjutkan’ untuk memulai proses impor.

    Konfirmasi Data Kategori Barang yang akan di-impor

  8. Tunggu hingga proses impor selesai dilakukan, yaitu hingga terdapat informasi jumlah data yang berhasil ter-impor dan (jika ada) yang gagal ter-impor. Pastikan jumlah data yang berhasil ter-impor sesuai dengan jumlah data yang terdapat pada file excel yang anda buat.

    Proses Impor Data sedang dilakukan

    Proses Impor Selesai dilakukan

Note : untuk data yang gagal ter-impor Accurate Online akan diinformasikan berupa log error (yang bisa di download) yang berisi informasi sebab data gagal ter-impor untuk bisa anda lakukan perbaikan dan lakukan proses impor ulang.