Pengaturan di Preferensi

 Pengaturan di Preferensi
Pengaturan pada menu Preferensi terkait dengan mengaktifkan fitur Tahapan Proses, Pengisian Akun dalam proses produksi, Rentang Umur Perintah Kerja dan Monitor Perintah Kerja serta penentuan alokasi nilai variance.

Pengaturan dilakukan melalui menu Pengaturan | Preferensi | Manufaktur

Keterangan :

✓  Tahapan : silakan centang informasi ‘Menggunakan Tahapan Proses’ jika dalam proses produksi pada perusahaan anda, terdiri dari beberapa tahapan-tahapan proses produksi.

✓  Perintah Kerja : pengisian informasi yang berkaitan dengan perintah kerja.

    • Pekerjaan Dalam Proses : diisikan dengan akun untuk menampung nilai barang/produk yang masih dalam proses produksi. Tipe Akun yang bisa dipilih hanya Persediaan.
    • Selisih Biaya Produksi : diisikan dengan akun untuk menampung Selisih Biaya Produksi. Pilihan Tipe Akun yang bisa dipilih pada akun ini adalah Beban Pokok Penjualan, Beban dan Beban Lainnya.
    • Rentang Umur : diisikan dengan rentang umur diperbolehkannya Perintah Kerja yang telah selesai untuk di proses kembali, yaitu dengan Pengeluaran bahan baku, biaya produksi, ataupun dilakukan Penyelesaian Barang Jadi-nya.

Keterangan :

✓   Monitor Perintah Kerja : pada ‘Rentang Umur’ diisikan dengan rentang umur (hari) Perintah Kerja yang telah selesai atau dibatalkan tampil di Monitor Perintah Kerja.

✓   Proses Akhir Bulan : mencentang informasi ‘Alokasi biaya variance produksi ke produk’ jika anda ingin nilai selisih antara standard an aktual suatu produksi produk langsung dialokasikan ke produk jadi-nya setelah proses produksi selesai.